Gubernur Hadiri Peresmian Museum Lingga

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 632 kali.


Tanjungpinang – Gubernur H Muhammad Sani meyakini sejarah kebesaran Melayu akan tetap abadi. Keabadian itu salah satunya bisa dilihat pada Museum Linggam Cahaya, yang ada di Kota Daik Kabupaten Lingga. Museum ini, Jumat kemarin lalu diresmikan oleh Gubernur Sani dengan melakukan penarikan selubung bersama Bupati Lingga Daria. Juga dilakukan pemotongan pita oleh Ny Hj Aisyah Sani dan Ny Daria.

Museum ini mengumpulkan banyak cagar budaya tentang sejarah Kerajaan Riau Lingga. Sebelum peresmian museum, Gubernur Sani menyerahkan bantuan satu unit mobil operasional untuk Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga. Gubernur juga menyerahkan bantuan untuk sejumlah masjid di Kabupaten Lingga. Tampak hadir dalam peresmian itu Ketua LAM Kepri H.Abdul Razak, anggota DPRD Kepri Iskandarsyah, Wakil Bupati Lingga Abu Hasyim, sejumlah Kepala SKPD Kepri seperti Asisten Ekonomi Pembangunan Samsul Bahrum, Kepala Dinas Perhubungan Muramis, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Raja Ariza, Kepala Biro Humas dan Protokol Heri Mokhrizal, Karo Pemerintahan Misni dan Karo Umum Misbardi. Dari Lingga tampak hadir Kapolres Lingga dan Kejari Lingga.

Menurut Gubernur, sejarah kebesaran Riau Lingga tidak bisa dipungkiri. Di sini pernah menjadi pusat kerajaan. “Kita berbangga, berdirinya museum ini tidak hanya untuk pelestarian cagar budaya dan sejarah itu sendiri tetapi juga untuk menjaga semangat dan pendidikan generasi mendatang,” kata Sani. Setelah beroperasi museum ini hendaknya dijaga dan dipelihara. Bukan dalam arti terus dicat dan lainnya namun terus diperbanyak koleksinya. Soal tambahan koleksi, Bupati Lingga mengaku cukup bangga karena masyarakat Lingga juga banyak yang menyerahkan sejumlah koleksinya untuk diletak di museum. “Terima kasih atas kebesaran hati masyarakat,” kata Daria. Gubernur menambahkan, selain untuk pelestarian, museum ini juga menjadi salah satu sarana penunjang untuk kepariwisataan karena Lingga termasuk salah satu daerah kunjungan wisata sejarah. “Perpaduan wisata sejarah, kuliner dan pesona alamnya, luar biasa Lingga ini,” kata Gubernur Sani.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *