Gelar Mansik Haji, Wakil Bupati Natuna Himbau Calon Jemaah Haji Jaga Kesehatan

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 258 kali.


Delta Kepri –Wakil Bupati Kabupaten Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA membuka kegiatan Manasik Haji Musim Haji 1440 Hijriyah 2019 Masehi bertempat di Masjid Agung Natuna, Komplek Natuna Gerbang Utaraku, Ranai, Senin (01/07) siang.

Wakil-Bupati-Natuna-Hj.-Ngesti-Yuni-Suprapti-MA-saat-memimpin-jalannya-acara

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), anggota Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD), tokoh agama dan para Calon Jema’ah Haji (CJH) dari 15 kecamatan se-Kabupaten Natuna.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti mengatakan proses manasik haji merupakan salah satu rangkaian penyelenggaraan haji yang sangat penting, terutama dalam proses membekali CJH untuk menunaikan rangkaian ibadah haji ke tanah suci.

Suasana-saat-berlangsungnya-kegiatan-manasik-haji

Untuk itu hendaknya seluruh CJH benar-benar focus dalam mengikuti kegiatan ini, baik terkait rukun dan sunnah, hapalan doa disetiap tahapan, serta antisipasi cuaca ekstrem yang mungkin dihadapi dalam pelaksanaan ibadah haji.

Sebagai Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti menghimbau kepada seluruh CJH yang akan diberangkatkan tahun ini untuk selalu menjaga kondisi kesehatan, menjaga kesucian hati dalam memenuhi panggilan Rukun Islam yang kelima, dan semoga perjalanan ibadah haji kali ini dianugerahi predikat haji mabrur dan tidak terjadi berbagai kendala yang tidak diinginkan.

Kepala-Bagian-Kesejahteraan-Rakyat-Sekretariat-Daerah-Kabupaten-Natuna-Syarifuddin-menyampaikan-laporan

Pada kesempatan itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Syarifuddin dalam laporannya mengatakan bahwa sehubungan dengan dikembalikannya kuota haji Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi sebesar 20 persen berimbas pula dengan penambahan jumlah jemaah haji seluruh Indonesia.

Kabupaten Natuna juga mendapatkan penambahan kuota, dimana pada tahun 2018 hanya berjumlah 87 orang, sedangkan pada tahun 2019 ini jumlahnya bertambah menjadi 115 orang dengan komposisi berdasarkan jenis kelamin terdiri dari 52 laki-laki dan 63 perempuan.

Wakil-Bupati-Natuna-Hj.-Ngesti-Yuni-Suprapti-MA-dan-salah-satu-CJH

Kata Syarifuddin manasik haji ini bertujuan memberikan pengetahuan agar jamaah mampu memahami semua informasi tentang pelaksanaan ibadah haji, terkait tuntunan perjalanan, petunjuk kesehatan dan mampu melaksanakan seluruh rukun dan sunnah dari rangkaian ibadah haji di tanah suci kelak. (**)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *