Dukung pendidikan, Apri beri fasilitas transportasi gratis bagi anak sekolah

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 541 kali.


Delta Kepri – Bupati Bintan Apri Sujadi, mengatakan transportasi anak sekolah secara gratis merupakan salah satu upaya yang diberikan oleh pemerintah daerah dalam menunjang dunia pendidikan di Kabupaten Bintan.

Dirinya berharap agar fasilitas bus dan pompong gratis bagi anak sekolah tersebut, hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Secara khusus dirinya meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bintan melakukan beberapa evaluasi serta berkomunikasi kebeberapa instansi terkait dalam pengawasan dan pemanfaatan bus dan pompong gratis tersebut.

“Fasilitas transportasi gratis kita siapkan bagi anak-anak sekolah untuk mendukung sektor pendidikan,” ujar Apri.

Sementara itu, Kadisdik Kabupaten Bintan Tamsir mengatakan bahwa saat ini transportasi anak sekolah utamanya bus sekolah yang tersedia tidaklah mencukupi dalam melayani seluruh siswa/i yang ada di Kabupaten Bintan.

43 unit Bus sekolah untuk melayani siswa/i SMP maupun SMA yang ada di Kabupaten Bintan harus dibantu menggunakan bus kecamatan.

Dirinya juga sudah mengevaluasi dan berkomunikasi terkait pengawasan transportasi anak sekolah kebeberapa Dinas terkait. Diantaranya, Pihak Kecamatan, Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan serta Polres Bintan.

Komunikasi juga dilakukan, dengan kesepakatan yang menghadirkan, pihak kecamatan, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Polres Bintan dan Kontraktor Penyedia Jasa Transportasi.

“Untuk transportasi anak sekolah akan semaksimal mungkin kita atasi penyediaanya sesuai dengan anggaran yang ada, kita juga telah melakukan evaluasi dan menyepakati akan melakukan pengawasan secara berkala yang dilakukan oleh instansi terkait secara bersama-sama, untuk transportasi anak sekolah, utamanya bus sekolah, maksimal 2 bulan sekali dicek. Nantinya dari hasil investigasi/pengecekan bus tersebut, bila bus yg tidak laik, maka diminta kepada pihak ketiga untuk tidak dioperasikan dan diganti dengan bus yang laik,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (27/2) sore.

Selain itu, ia juga menegaskan hasil dari evaluasi akan menindaklanjuti untuk melakukan pembinaan dan pembekalan kepada seluruh supir bus sekolah, terkait tata tertib mengemudi, dan patuh terhadap SOP ( Standard Operasional Prosedur) yang telah ditetapkan.

“Bila tidak memenuhi syarat, maka bus akan diganti, begitu juga dengan supir bus. Kita ingin fasilitas transportasi sekolah gratis ini, nyaman dan aman bagi anak sekolah,” ujarnya.

Disamping itu, Siswa SMA Negeri 1 Mantang, Hendri bersama temannya mengatakan bahwa dirinya bersama-sama temannya menyambut baik atas kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah daerah.

“Kami sangat berterimakasih, ini membuat kami lebih bersemangat, bagi kami transportasi pompong ini sangat terbantu, lokasi kami tinggal jauh dari sekolah dan ini tidak melemahkan semangat kami,” tutupnya. (**)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *