DKPP Tanjungpinang Akan Menerapakan Program Zero Waste

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 1100 kali.


Delta Kepri – Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman (DKPP) Kota Tanjungpinang, akan menjalankan bentuk Program Zero Waste yang merupakan program nasional mendatang. Senin, (27/6).

Kepala Bidang kebersihan, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tanjungpinang Muhammad Yatim mengatakan, bahwasannya program Zero Waste saat ini masih dipelajari dan sedang dilaksanakan pengkajian.

“Zero waste merupakan program nasional, kita masih mempelajarinya, karena ini bukan hal yang mudah untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat sekitar. Dan tentunya, kita perlu pendekatan dan pengkajian khusus dalam hal tersebut,” ujar Yatim saat dikunjungi diruang kerjanya sekitar pukul 10.12 WIB dini hari tadi.

Disamping itu Yatim juga menjelaskan arti pentingnya Program Zero Waste di daerah kota Tanjungpinang.

“Program ini mengajarkan kepada masyarakat tentang jenis sampah dan pemanfaatan penting bagi sampah. Pasalanya, ini sangat penting untuk dilaksanakan, mengingat Tanjungpinang sudah bukan seperti dulu lagi, dimana sampah industri dan komersial semakin banyak dan tidak tertampung dengan baik. Dan alangkah baiknya jika kita memilah sampah dan pergunakan kembali, sehingga sampah yang tidak berguna akan kita buang di penampungan terakhir,” Terangnya.

Selain itu, ia juga menerangkan, edukasi terhadap masyarakat, haruslah melalui edukasi yang benar juga. Sehingga hal tersebut dapat memberikan pemahaman terhadap program yang terlaksana.

“Program ini harus diperan aktifkan oleh masyarakat. Sebab, jika diberi pemahaman yang benar, Insyaallah, tentu masyarakat akan mengikuti program tersebut. Dan saat ini kita lihat kesadaran masyarakat yang masih kurang peduli terhadap penempatan sampah,” Jelas Muhammad Yatim. (Oppy)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *