Disperindag dan Satgas Pangan Sidak Pasar Bincen

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 197 kali.


Delta Kepri – Disperindag Provinsi Kepri bersama Disperindag Kota Tanjungpinang didampingi Satgas Pangan Tanjungpinang melakukan sidak di Pasar Bintan Center, Batu 9, Selasa (11/6/2019).

Sidak itu guna meninjau harga pangan terutama komoditi cabai merah yang sempat meroket tinggi hingga di atas Rp.120.000.

Dalam sidak, harga cabai merah tiba-tiba mulai turun hingga di rata-rata harga Rp. 65.000, padahal sebelum sidak, pagi tadi para pedagang cabai menjual cabai merah masih di rata-rata Rp. 80.000.

Kabid Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Kepri, Rio Desmawanti saat sidak mengatakan pihaknya masih mendapat laporan harga di rata-rata Rp.80.000

“Pagi tadi kita mendapat laporan terdapat pedagang menjual cabai merah di harga Rp.80.000 namun setelah disidak harga menjadi stabil di rata-rata Rp.65.000,” ujarnya.

Ia menyebutkan terjadinya variasi harga tersebut akibat adanya pedagang eceran yang membeli cabai merah kepada distributor, sehingga ada yang menjual di harga Rp.63.000 hingga Rp.80.000.

“Tapi kita pastikan harga cabai merah sudah stabil,” jelasnya.

Seorang pedagang di Pasar Bintan Center, Robert Saubakti menyebutkan harga cabai merah kini mulai mengalami penurunan.

“Hari lebaran kemarin sempat di atas harga 120 ribu, namun semalam sudah di harga 70 ribu dan hari ini 65 ribu,” ucapnya kepada media ini.

“Kalau harga cabe rawit sudah stabil di harga Rp. 48.000, begitu juga dengan harga sayuran,” sambungnya.

Penurunan itu, kata dia dikarenakan pasokan cabe yang didatangkan dari luar daerah seperti Jogja, Mataram telah tiba di Tanjungpinang.

Ia mengungkapkan harga mengalami lonjakan dikarenakan untuk mendatangkan cabai dari luar daerah sempat mengalami kendala transportasi, selain itu juga karena harga kargo pesawat mengalami peningkatan.

“Tapi diperkirakan besok sudah mulai stabil karena permintaan menurun dan stok sudah datang dari Jawa,” tutupnya. (BT)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *