Dinsos P3A Lingga: Biaya penyaluran Rastra sudah di anggarkan APBD

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 766 kali.


Delta Kepri – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Kabupaten Lingga melalui Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Hasbullah mengatakan biaya penyaluran Rastra sudah dianggarkan dari APBD. Termasuk pada tahun ini.

“Semua sudah digratiskan. Termasuk ongkos dan upah para buruh, jadi masyarakat tinggal terima bersih saja,” kata Hasbulloh, Senin (12/3) di ruang kerjanya, pagi tadi.

Dinsos-P3A Lingga gelontorkan Rp980 juta untuk penyaluran Rastra

Ditempat terpisah, menanggapi hal itu, Kepala desa Sungai Pinang, Diau Rudi mengungkapkan, informasi adanya biaya yang dipungut Rp5000 untuk pengambilan rastra dari balai desa ke RT, kata dia, itu adalah kesepakatan yang telah disepakati oleh masyarakat sendiri dan bukan atas kemauan desa.

“Bukan dipungut, tapi sudah ada kesepakatan antara warga, bahwa uang itu akan dipergunakan untuk biaya ongkos kaisar yang mengangkut rastra dari balai desa ke RT, serta upah buruh,” kata Diau menjelaskan.

“Kebetulan bukan kita aja yang seperti itu, desa tetangga juga sama,” sambungnya.

Menurutnya, jika nanti dari pihak Dinsos P3A Lingga sudah mengeluarkan atau ada bantuan biaya transportasi, maka nantinya uang itu akan dikembalikan lagi kepada masyarakat.

“Kalau uang itu sudah keluar, atau mungkin nanti kita dapat bantuan, pasti uang itu akan kita kembalikan lagi kepada masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Duai mengakui bahwa uang yang diterima dari 130 kepala keluarga itu terkumpul Rp 1 juta lebih.

“Dana yang terkumpul semuanya 1 juta lebih, dan sesuai kesepakatan masyarakat, maka uang itu dipergunakan untuk membayar transportasi maupun upah buruh. Dan kita juga sudah buat berita acaranya,” tutupnya. (Simarmata)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *