Dibalik KKN Kebangsaan 2016 ada Potensi Promosi Ekowisata Bahari

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 46047 kali.


Delta Kepri – Para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2016 di Desa Batu Berdaun melaksanakan sosialisasi terbuka di SMK Negeri 1 Singkep.

Dalam sosialisasi ini dipersentasikan tiga materi pokok yaitu, Wawasan Nusantara, Geopolitik Indonesia serta Potensi dan Strategi Pengembangan Ekowisata Bahari pulau-pulau Kecil di Kepulauan Riau. Hal ini sesuai dengan tema KKN Kebangsaan 2016 yaitu: Pengembangan Ekowisata Bahari Terdepan, Tertinggal dan Terisolir Provinsi Kepulauan Riau Berbasis Masyarakat Sebagai Strategi Menjaga Kedaulatan NKRI.

Hal ini disambut positif bagi pihak SMK Negeri 1 Singkep yang diwakili oleh Jamal, selaku Pembina OSIS SMK Negeri 1 Singkep dalam pembukaan acara sosialisasi terbuka di SMK Negeri 1 Singkep.

Menurutnya, ini merupakan suatu keuntungan bagi kita didatangi oleh mahasiswa KKN Kebangsaan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk membagi pengalaman kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Singkep.

“Dengan tema KKN Kebangsaan ini yaitu tentang Ekowisata Bahari sangat sesuai bagi kita yang berada di kabupaten Lingga ini ,” Ucapnya.

Pada saat penyampaian materi tentang Potensi dan Strategi Pengembangan Ekowisata Bahari pulau-pulau Kecil di Kepulauan Riau yang dipaparkan oleh peserta KKN Kebangsaan, Yohanes Johan (mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan, UMRAH), Tim KKN desa Batu Bedaun mengajak siswa-siswi SMK Negeri 1 Singkep untuk mempromosikan potensi wisata Batu Berdaun melalui media sosial.

“Saat ini tentunya hampir semua elemen masyarakat memiliki akun media sosial, terutama bagi para pelajar,” Paparnya.

Hal ini penting, Kata Yohan, Pasalnya, media sosial merupakan satu wadah penting dalam mempromosikan potensi wisata yang masih belum dikenal.

“promosi melalui media sosial lebih efektif karena bisa diakses oleh seluruh dunia, selain itu juga sangat mudah dalam mempubikasikannya”, Katanya.

Selain Ekowisata, siswa-siswi SMK Negeri 1 Singkep juga diberikan materi Cinta Tanah Air yang dipaparkan oleh Ericko Calvin Giovanii (mahasiswa Ilmu Hukum, Universitas Andalas) tentang Wawasan Nusantara serta Rafika Afriyanti (mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, UMRAH) tentang Geopolitik Indonesia. Siswa-siswi SMK Negeri 1 Singkep cukup antusias dalam sosialisasi terbuka ini. Siswa-siswi cukup aktif dalam sesi tanya jawab tentang materi yang disampaikan. (BA)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *