Desa Cemaga Tengah kelola wisata Batu Kasah

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 1111 kali.


Delta Kepri – Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna, mulai mengelola kawasan wisata Pantai Batu Kasah.

Hal ini ditandai dengan adanya peletakan batu pertama pembangunan kios dan gazebo untuk para pedagang yang ingin menjajakan dagangannya. Pada hari Kamis (11/05) pagi.

Kades Cemaga Tengah, Zaidan mengatakan, nantinya kios tersebut akan dikelola oleh BUMDes Cemaga Tengah, bekerjasama dengan pihak masyarakat dan pemilik lahan.

“Iya, nanti yang ngelola BUMDes, kerjasama dengan pemilik lahan, mereka (pemilik lahan – red) dapat 20 persen dari hasil pendapatan,” kata Zaidan kepada wartawan.

Zaidan menambahkan, bahwa dana sekitar Rp100 juta lebih yang digunakan untuk pembangunan kios dan gazebo tersebut, bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017.

“Saya berharap dengan dibangunnya kios dan gazebo, akan menambah jumlah wisatawan yang datang,” kata Zaidan.

Zaidan mengaku, dalam seminggu khususnya libur akhir pekan, jumlah wisatawan yang datang ke lokasi pantai batu kasah mencapai ratusan pengunjung.

Sementara itu, wakil bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti yang juga turut menghadiri acara peletakan batu pertama, mengatakan, pengelolaan objek wisata tidak bisa dilakukan oleh satu pihak.

Namun harus melibatkan pihak lain, seperti Desa, Camat, Dinas Pariwisata, Dinas PU, DLH dan DKP.

“Masyarakat juga harus kita libatkan. Kalo sendiri-sendiri tak akan berkembang. Kita harus bersatu,” ungkap Ngesti disela sambutannya.

Dalam acara tersebut selain Wabup Natuna, hadir pula camat Bunguran Selatan, Anggota DPRD Natuna Eri Marka, Kadis PU, Pemilik Lahan dan Tokoh masyarakat lainnya. (Afrizal)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *