Dandim Bintan Rayakan Nyepi

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 533 kali.


Delta Kepri – Bagi umat Hindu, Hari Raya Nyepi merupakan hari yang penuh kesucian dan refleksi diri. Dirayakan pada hari pertama yang dihitung berdasarkan kalender Saka.

Bertepatan dengan perayaan bagi umat Hindu ini. Perayaan Nyepi biasanya diadakan beberapa rangkaian upacara adat dari hari-hari sebelumnya.

Di Indonesia, mayoritas masyarakat yang merayakan Nyepi merupakan masyarakat yang tinggal di Bali ataupun keturunan Bali.

Perayaan Nyepi paling kental biasanya terasa di Bali, karena saat Nyepi masyarakat yang berada di Bali dilarang beraktivitas atau bahan sekedar menyalakan lampu.

Meski demikian Hari raya Nyepi ini pun diperingati oleh seluruh umat Hindu di Indonesia.

Pada pelaksanaan tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 0315/Bintan, Letkol Inf. I Gusti Bagus Putu Wijangsa yang merayakan Hari Raya Nyepi mengatakan bahwa perayaan Nyepi tahun ini bagi keluarganya dan juga umat Hindu lainnya di Tanjungpinang sangat berkesan.

“Kita mengapresiasi kondisi keragaman budaya dan agama yang ada di Tanjungpinang. Kita bangga dengan keharmonisan masyarakat yang ada,” kata Dandim dalam Open House Perayaan Nyepi di Makodim 0315/Bintan, di Batu 7, Sabtu, (09/03/2019).

Kegiatan Open House ini juga bukan atas permintaan saya, tapi para jajaran kodim mempersiapkan sebagai bentuk peringatan perayaan Nyepi kepada masyarakat.

“Artinya ini adalah apresiasi dan toleransi atas pruralisme yang ada di masyarakat kita.

Dalam perayaan tersebut Dandim mengaku tidak ada aktivitas khusus yang dilakukan dalam menyambut perayaan Nyepi.

“Dalam memperingati Nyepi ini saya hanya melaksanakan ibadah sembahyang saja, tidak ada aktivitas khusus,” ujarnya.

“Perayaan Nyepi ini kami lakukan persembahyangan di Pura Bintan, Uban dan di Bukit Tengkorak dapat berjalan dengan baik dan aman. Kita berterima kasih kepada masyarakat dan semua pihak,” sambung Dandim.

Dandim berterima kasih karena perayaan Nyepi secara umum dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Dalam kesempatan itu Dandim juga mengharapkan agar masyarakat Tanjungpinang Dan Bintan dapat tetap menjaga perdamaian dan kerukunan terutama di tahun politik sekarang ini. (BT)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *