BPJS Gelar Program Kesehatan Bagi Peserta Mudik

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 942 kali.


Delta Kepri – Jelang Lebaran tahun 2016, Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) menggelar program Kesehatan bagi Peserta mudik. Tema dari kegiatan ini disebut dengan slogan Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan. Rabu, (29/06/2016).

Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian BPJS dalam mewujudkan kenyamanan dan kepuasan masyarakat (peserta), dalam melaksanakan pelayanan kesehatan menjelang hari raya Idul Fitri.

BPJS juga menghimbau masyarakat agar selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS dan Kartu Jamkesmas), Saat sedang berpergiaan mudik lebaran.

Selain itu, Direktur RSUD Kota Tanjungpinang Dr Edi mengatakan, pada dasarnya, Rumah Sakit itu tidak pernah libur. Pasalnya, masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan itu tidak tau kapan mereka membutuhkan Rumah Sakit.

“Namanya rumah sakit, sebenarnya memang tidak ada libur dikarenakan hampir setiap hari banyak masyarakat yang mengalami dalam gangguan kesehatan atau penyakit , dan dikarenakan pelayanan di setiap rumah sakit tetap berjalan dengan baik dalam lebaran nantiknya,” Tuturnya

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam menerangkan, untuk seluruh puskesmas akan tetap berjalan saat lebaran. Dan ia juga mengatakan, bahwasannya setiap puskesmas sudah di letakkan Tim-tim yang telah standby di setiap puskesmas.

“Untuk puskesmas seluruhnya akan buka walaupun dalam menjelang lebaran nantik dan kami meletakkan Tim yang harus stand bye di tempat,” terang Rustam.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang Nur Indah menuturkan, untuk lebaran tahun ini,BPJS Kesehatan dan pihak Rumah Sakit, telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Kami juga menghimbau untuk peserta harus membawa Kartu BPJS, KIS,Jamkesmas dan Kartu Askes saat lagi mudik lebaran, ingat juga untuk para peserta agar membayar iuran dengan tepat waktu agar kartu tersebut tidak di blokir atau tidak bisa digunakan , Dan untuk priode lebaran ini dapat di tangani BPJS kesehatan di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” Ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr Midiyato Suratani Diwakilkan Haposan. S. Ia menuturkan, program JKN untuk Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dalam pelayananannya, memiliki penanganan tersendiri yang terbaik. Dan untuk hari liburnya, para medis Rumkital melaksanakan pelayanan masyarakat dibagi menjadi 2 (dua) tahap, yakni tahap 1(satu) masuk sampai tanggal 1-5 dan tahap 2 (dua) sampai tanggal 6 -11. Paramedis tetap bergantian pada tanggal tersebut, sampai pada waktunya berjalan dengan seperti biasa.

“Program JKN ini untuk setiap rumah sakit, untuk pelayanan yang direncanakan Rumkital ada perencanaan sendiri yang terbaik, dalam menjelang lebaran ini untuk hari libur gak semua nya yang libur dan kami membagi dua tahap yaitu yang pertama tanggal 1-5 dan yang kedua tanggal 6-11, Dan untuk IGD kami 24 Jam udah sama seperti rumah sakit yang lain, disamping itu anggota Rumkital siap untuk tidak cuti dalam lebaran ini, kami berharap seluruh warga tanjungpinang dapat dilayan dengan baik,” ungkap Haposan. S

Wakil Direktur RSUD Provinsi Kepri Sunarto juga menambahkan hal yang hamlir serupa, pada saat lebaran nanti, Rumah Sakit tetap memberi pelayanan kepada masyarakat dengan baik dan teratur.

“Untuk Cuti atau Libur bersama untuk seminggu ini dalam menjelang saat lebaran atau tahun baru dokter tetap ada yang cuti dan ada juga yang tetap bekerja dalam menangani masyarakat yang sakit saat sedang Hari Raya Idul Fitri nantinya,” tuturnya saat di Ruang Rapat Kantor BPJS kesehatan kepada puluhan awak media.

Sementara itu, Pimpinan PT. Jasa Raharja (Persero) Tanjungpinang Soni Sumono, mengungkapkan, menjelang lebaran ini, Jasa Raharja juga berperan melayani masyarakat yang mengalami kecelakaan dan tidak yang mengalami kecelakaan.

“Bahwa dalam waktu yang mau menjelang lebaran ini jasaraharja ikut berperan dalam masyarakat yang mengalami kecelakaan dan tidak mengalami kecelakaan tetap kami layani dalam bentuk jasa raharja ini, dan untuk yang tidak sakit kami menyediakan posko kesehatan di setiap pelabuhan-pelabuhan agar diperiksa sebelum berangkat mudik, bila terjadinya kecelakaan masyarakat tersebut siapapun dia, Dia berhak mendapatkan jasaraharja dan kami akan melayaninya,” Jelas Soni Sumono perwakilan Pt.Jasa Raharja Tanjungpinang, kemarin lalu. (Oppy)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *