Allhamdullilah.. Interkoneksi Listrik Batam – Bintan Telah Rampung

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 1348 kali.


Delta Kepri – Pembangunan Tower transmisi 150 KV (Kilo Volt) yang terinterkoneksi Batam-Bintan. Diketahui sudah berjalan pada bulan agustus tahun 2016 lalu. Untuk empat (4) gardu induk di Pulau Bintan telah tersedia daya 150 MVA (Mega Volt Ampere), atau Setara dengan 135 MW (Mega Watt) Kamis (25/8).

“Allhamdullilah berkat rahmat allah SWT dan peran masyarakat serta Pemerintah. Akhirnya tower transmisi 150 KV selesai pada awal agustus kemarin lalu. Daya telah tersedia di empat gardu induk di Pulau Bintan sebesar 150 MVA (Sejuta Volt Ampere) atau setara dengan 135 MW,” tutur Armunanto (Manajer Area Rengat) yang didalam struktur manajemen PT PLN (Persero) wilayah bagian Riau.

Menurut Armunanto, listrik yang berasal dari Kota Batam akan disalurkan Ke Pulau Bintan melalui saluran interkoneksi 150 KV, guna mendukung kecukupan daya listrik di Pulau Bintan dan Kota Tanjungpinang

“Listrik ini berasal dari batam yang disalurkan ke Pulau Bintan melalui saluran interkoneksi 150 KV. Dan hal ini sangat dibutuhkan untuk mendukung kecukupan daya dan keandalaan sistem kelistrikan di Pulau Bintan,” jelasnya melalui pesan What’s Apps.

Masih menurut Armunanto, sampai saat ini PLN masih mengerjakan proses pemindahan manuver kesistem lama 20 KV, dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) kesistem yang baru yaitu, Gardu Induk transmisi 150 KV.

“Untuk saat ini kami masih menjalankan proses pemindahan atau manuver dari sistem lama 20 KV (PLTD/PLTU) Kesistem baru gardu induk transmisi 150 KV. Dan kita akan percepat proses ini, karena butuh waktu untuk membangun dua (2) feeder baru 20 KV, dari air raja ke suka berenang. Dengan tujuan mengcover beban konsumsi listrik di Kota Tanjungpinang,” terangnya.

Lanjutnya, seluruh masyarakat Pulau Bintan mestinya bersyukur dengan apa yang kita dambakan selama ini. Pasalnya, dengan daya listrik yang telah tersedia 135 MW. PLN dapat melayani kebutuhan listrik untuk masyarakat. Termasuk melayani konsumsi listrik dari sektor perindustrian dan bisnis.

“Kita harus bersyukur karena apa yang kita dambakan listrik Batam dan Pulau Bintan sudah terwujud. Daya yang cukup besar 135 MW diharapkan dapat menunjang sektor ekonomi. Pasalnya, listrik sudah tersedia lebih dari cukup,kita dapat segera melayani kebutuhan listrik masyarakat, sektor industri dan sektor bisnis,” ungkap Armunanto pada deltakepri.co.id. (Oppy)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *