2020 Pendapatan Jaringan 5G Lampaui USD4 Miliar

Artikel ini sudah dibaca sebanyak 67895 kali.


DELTAKEPRI.CO.ID – Pendapatan infrastruktur jaringan 5G global, diprediksi hampir dua kali lipat antara 2019 dan 2020, mencapai USD4,2 miliar ketika peluncuran 5G mulai meningkat selama 12 bulan ke depan.

Perusahaan analis Gartner memperkirakan akan ada peningkatan hingga 89% dalam pendapatan infrastruktur 5G untuk penyedia layanan komunikasi atau operator selular, dari angka 2019 sebesar USD2,2 miliar.

Tren ke atas diperkirakan akan terus berlanjut, dengan pendapatan dari perkiraan 5G akan mencapai USD6,8 miliar pada 2021.

Sylvain Fabre, Direktur Penelitian Senior Gartner, mencatat bahwa saat ini opsel menggunakan teknologi non-standalone, yang “memungkinkan mereka untuk memperkenalkan layanan 5G lebih cepat”, dengan peralatan 5G Radio Baru berjalan bersama infrastruktur jaringan inti 4G yang ada.

Ini akan berubah pada 2020, karena opsel mengeluarkan teknologi 5G yang berdiri sendiri, membutuhkan peralatan NR 5G dan jaringan inti 5G, yang akan menurunkan biaya dan meningkatkan kinerja bagi pengguna.

Akibatnya, Gartner juga meramalkan bahwa investasi dalam infrastruktur jaringan 5G NR akan mencapai 6% dari total pendapatan infrastruktur nirkabel opsel pada 2019, dan selanjutnya angka ini akan mencapai 12% pada 2020.

Dengan layanan 5G sudah berlangsung di AS, Korea Selatan dan negara-negara Eropa utama termasuk Inggris dan Swiss, Gartner mengatakan pada 2020 akan melihat sejumlah pasar utama lainnya bergabung dengan partai.

Sejumlah opsel di Kanada, Prancis, Jerman, Hong Kong, Spanyol, Swedia, Qatar dan UEA semuanya telah mengumumkan rencana untuk mempercepat 5G pada tahun depan.

Gartner mengatakan 2020 juga akan melihat peningkatan penggunaan kasus teknologi, dengan lebih banyak opsel menargetkan perusahaan, yang mencakup berbagai industri.

Selanjutnya juga muncul penggunaan jaringan pribadi, untuk pengguna industri, yang dipandang sebagai pasar potensial besar oleh vendor peralatan.

Fabre mengatakan bahwa, saat ini masih hari-hari awal untuk pengembangan jaringan pribadi 5G, tetapi vendor, regulator dan badan standar memiliki telah memiliki persiapan untuk mengeskekusi peluang bisnis itu.

 

(selular.id)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *